baruSalam,

Hai! Perkenalkan saya Ade Chandra Sutrisna, mahasiswa peminatan Jurnalistik Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang. Saya bersama kawan satu jurusan di UMM merupakan pegiat lembaga pers mahasiswa Independen bernamaMediaMahasiswa.com. Saat ini saya menjabat sebagai direktur pemberitaan Media Mahasiswa pusat yang bertanggungjawab membawahi biro-biro kampus yang ada.

Mari kita mulai diskusi ini dengan kegelisahan.

Di tengah ketidakberdayaan umat Islam mengelola dan merekayasa informasi, mulai lah menjamur media-media daring (online) yang katanya berafiliasikan Islam. Sayang, dari sekian media Islam yang ada, pengelolaannya tidak terorganisir dengan cukup baik juga tidak memiliki visi yang jelas. Anehnya, anggapan bahwa media yang mereka buat bisa/sudah mewakili suara mayoritas umat Islam, padahal hanya mewadahi golongannya sendiri.

Saling serang kepentingan, saling sebar fitnah, caci juga praktik takfiri jamak kita temui. Hal ini berdampak pada buruknya citra islam di mata muslim awam, apalagi non muslim, bahwa orang Islam tidak becus mengelola informasi.

Masih hangat dibenak kita tentang praktik ‘pembredelan’ sejumlah media Islam oleh pemerintah. Sekitar 20-an media online di blokir karena dianggap menyebarkan faham radikalisme. (baca: Inilah 20 Situs Islam yang Di Blokir Pemerimtah). Artinya, media Islam dianggap tidak memiliki kredibilitas yang jelas, bahkan justeru mengancam keutuhan NKRI karena mengajarkan paham-paham radikalisme seperti yang saya jelaskan diatas.

Melalui #PatunganBikinMediaIslam tujuan saya jelas; membuat media massa Islam lewat prinsip gotong-royong. Semua orang boleh berkontribusi dan jadi konseptornya. Yang pasti, saya tidak dapat menjanjikan apa-apa kepada anda.

Riset Ini tidak ada kaitannya dengan tugas akhir kuliah (skirpsi) yang sedang saya kerjakan. Ini murni karena dorongan keingin tahuan saya terhadap minat dan kebutuhan masyarakat, khususnya anda sebagai konsumen media terhadap media Islam.

Tertarik? luangkan waktu untuk mengisi kuisioner yang saya sediakan lewat tautan berikut: Klik Disini!

Atau mau berdiskusi lebih jauh dengan saya, bergabunglah bersama grup LINE‪#‎PatunganBikinMedia‬: http://line.me/R/ti/g/0xqu-TKneQ

Terimakasih.

Temukan saya di facebook: Ade Chandra Sutrisna, | Twitter: @adecsutrisna | ID LINE: adechandrasutrisna | Email: adecsutrisna@gmail.com | Nomor Telp. : 081231892950

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s